11.21

Tips Atasi Kulit Berminyak

Diposting oleh SITUS SEDERHANA


Kulit berminyak seringkali menjadi masalah dan akan ditandai dengan penampilan yang mengkilat serta kusam. Jika keadaan ini tidak segera anda atasi maka pori-pori di kulit wajah anda dapat tertutup oleh minyak yang berlebihan dan bisa menimbulkan masalah jerawat.
Pilihan perawatan yang bisa digunakan adalah mengurangi keluarnya minyak secara berlebihan dengan bahan kimia atau sabun yang keras.
Akan tetapi, jika ini berlangsung secara berlebihan dan terlalu banyak akan dapat mengurangi minyak pada titik tertentu justru akan membuat kulit jadi kering. Merawat kulit berminyak dengan cara yang benar merupakan proses yang sulit, dimana membutuhkan keseimbangan antara mengurangi keluarnya minyak tanpa harus menyebabkan masalah baru, dengan membuat kulit menjadi kering.
Ada beberapa penyebab yang membuat kulit anda menjadi berminyak. Penyebab utama dari kulit berminyak adalah gen dan faktor lainnya adalah pola makan anda. Terlalu banyak porses gula, cairan dan masuknya garam bisa menjadi kontribusi dalam masalah kulit berminyak. Meskipun faktor keturunan lebih dominan tetapi anda bisa lakukan diet untuk mengatasi masalah tersebut.
Hormon merupakan masalah lain yang menjadi faktor besar pada kulit berminyak karena tingkat hormon sangat tidak seimbang. Faktor lainnya adalah sebagai penyebab masalah kulit berminyak adalah kosmetik dan kelembaban atau udara yang sangat panas.
Merawat kulit berminyak memang tidak mudah karena bila anda salah dalam menggunakan satu produk maka akan memperparah kondisi kulit anda. Sebaiknya anda hindari menggunakan sabun yang mengandung alkohol, pilihlah sabun yang berbahan dasar alami seperti minyak zaitun, almond dan alpukat. Bahan dasar tersebut memiliki fungsi resapan yang dalam dimana akan membantu anda untuk mengganti kulit dan menjaga kelembaban.
Minyak yang diproduksi oleh kelenjar sebaceous bermanfaat untuk membantu melicinkan kulit anda dan membantu memelihara kelembaban kulit. Terlalu sering mencuci wajah maka akan menghilangkan sebum, kulit berubah menjadi kering, bersisik dan menyebabkan gatal.
Menghilangkan minyak akan merangsang kelenjar sebaceous akan menghasilkan lebih banyak minyak dan menyebabkan kondisi yang disebut reactive seborrhea. Hal ini akan membuat kelenjar anda bekerja secara berlebihan dan bisa menyebabkan gagal fungsi dimasa mendatang. Berbagai sabun muka yang menyebabkan masalah dan bukannya mengatasi, jadi sebaiknya anda hindari saja.
Basuhlah wajah anda dengan air hangat dan gosoklah wajah anda secara perlahan saat anda ingin membersihkan wajah untuk mengurangi masalah kulit berminyak tanpa harus menyebabkan kulit menjadi kering. Penting juga anda perhatikan agar tidak menggosok wajah secara berlebihan karena akan menyebabkan minyak hilang secara berlebihan.
Gunakan pelembab sesuai denga kulit anda. Sebaiknya anda hindari menggunakan pelembab yang berbahan kimia atau sintetis karena akan menyebabkan masalah termasuk reaksi alergi, dehidrasi dan berjerawat.
Setelah menggosok wajah dengan sabun yang lembut sebaiknya anda gunakan pelembab berbahan alami. Hal ini dilakukan untuk melindungi, melembabkan dan membantu kulit terlihat indah tanpa memberi efek samping yang disebabkan bahan kimia dan sintesis.
Jadi untuk mengatasi kulit berminyak, sebaiknya lakukan perawatan luar dan dalam seperti mengatur pola makan anda, berolahraga dan mengenakan produk kosmetik.

sumber : copy paste dari 88db.com

0 komentar:

Posting Komentar